Mengenal Street Photography


Street Photography - oleh Ryanmas Abhimata

Apa itu Street Photography ? Sebenarnya definisi dan lingkup dari street photography ini masih banyak didebatkan dengan jenis fotografi human interest, urban, dokumentasi bahkan potrait. Tetapi secara garis besar, street photography adalah foto yang merekam kejadian dan segala hal yang ada di ruang publik sepert rumah makan, pasar, stasiun kereta api, dan jalanan tentunya.
Street Photography bisa dibilang salah satu jenis fotografi yang murah meriah, karena hanya bermodal dengkul dan kamera bahkan kamera smartphone. Anda bisa mempraktekkanya di jalan-jalan kota di tempat Anda dengan ongkos murah tanpa haru pergi jauh.

Foto oleh Ryanmas Abhimata

Subjek dari jenis fotografi ini biasanya adalah aktivitas manusia di ruang publik namun tidak hanya sebatas itu saja.Benda, arsitektur dan apapun itu yang ada di jalanan/ruang publik juga bisa dijadikan sebagai subjek.
Sifat dari street photography ini adalah menunjukkan realitas atau apa adanya tanpa dibuat-buat. Sehingga untuk mengambil gambar biasanya diambil secara diam-diam (candid) tanpa sepengetahuan subjek fotonya. Namun menurut saya ada beberapa situasi dan kondisi dimana kita harus membaur dengan bersikap ramah dan meminta izin dengan subjek foto.

Comments

Popular posts from this blog

Interaksi dalam Street Photography

Mengenal Fotografi Human Interest

Foto Keren Modal Smartphone Doang ?