Interaksi dalam Street Photography

 

                   Apasih interaksi itu ? Definisi dari interaksi sendiri adalah suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dari hubungan satu arah pada sebab akibat. Singkatnya interaksi ini adalah komunikasi baik verbal maupun non verbal antar fotografer dengan yang di foto dalam konteks ini.

 



                Beberapa genre dalam fotografi, komunikasi dan interaksi menjadi salah satu hal penting termasuk dalam street fotografi ini. Namun dalam street fotografi ini sifatnya kondisional. Bagaimana kondisionalnya ? Saya ambil contoh Anda ingin memotret seseorang dan jelas orang tersebut sadar kamera, Anda harus melakukan pendekatan sebelum atau sesudah memotret orang tersebut agar orang tersebut tidak merasa terintimidasi. Ini sangat penting karena menyangkut privasi dan kenyamanan orang lain. 

                Sikap ramah dan mudah untuk membaur dengan sekitar adalah bentuk interaksi sebagai street fotografer. Sedikit sulit memang bagi sebagian orang, tapi hal ini juga mengasah kemampuan untuk bersosialisasi, mengenal orang baru, dan baik untuk meningkatkan kepercayaan diri yang tentunya juga berdampak baik untuk diri sendri pula. Selalu tersenyum dengan setiap orang yang dijumpai juga merupakan bentuk kecil dari interaksi. Tapi senyumnya juga jangan berlebihan ya....

            Lakukan saja dengan yakin, lama;kelamaan akan terbiasa. Mungkin itu sedikit tulisan dari opini saya, semoga membantu dan terimakasih.


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Fotografi Human Interest

Foto Keren Modal Smartphone Doang ?